Biro Kesra Setda Prov. Sulsel Melaksanakan Pembinaan dan Pemberdayaan Pekerja Anak

Palopo. Anak adalah generasi yang akan menjadi penerus bangsa sehingga mereka harus dipersiapkan dan diarahkan sejak dini agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat jasmani dan rohani, maju, mandiri, dan sejahtera menjadi sumber daya yang berkualitas dan dapat menghadapi tantangan di masa datang.

Walaupun demikian, ternyata masih banyak anak anak yang tidak dapat menikmati hak tumbuh dan berkembang karena berbagai faktor yang berkaitan dengan keterbatasan kemampuan ekonomi keluarga atau kemiskinan.

Dari beberapa pengalaman di lapangan, anak – anak yang bekerja ternyata bukan hanya untuk membantu memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya, tetapi ada juga yang memang tidak betah tinggal di rumah, inilah yang mendorong mereka untuk keluar dari rumah mencari aktivitas termasuk bekerja dan kebanyakan dari mereka adalah keluarga dengan orang tua yang berpendidikan rendah yang tidak memahami fungsi dan peran sebagai orang tua dan juga ketidak fahamannya akan hak anak – anaknya untuk mendapatkan pendidikan dan pemenuhan kesejahteraan lainnya.

Biro Bina Kesejahteraan Setda Provinsi Sulawesi Selatan memfasilitasi kegiatan “Pembinaan Pemberdayaan Ekonomi Pekerja Anak” yang didukung oleh Pemerintah Kota Palopo, sehingga diharapkan termotivasinya para pekerja anak untuk kembali bersekolah baik melalui pendidikan formal maupun pendidikan non formal.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 26 Maret 2015 di Kota Palopo dan dibuka oleh Walikota dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Palopo yang diikuti oleh 100 orang peserta dari kelompok masyarakat khususnya pekerja anak jalanan  dan para pendampingnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *