Fasilitasi Pembinaan Dan Pemberdayaan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS)

Pinrang, Bupati Pinrang dalam hal ini diwakili oleh Asisten 1 Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Pinrang Drs. H. Mantong, M.Si membuka acara Fasilitasi Pembinaan Dan Pemberdayaan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) hari Jum’at tanggal 28 Oktober 2016 bertempat di Aula Dinas sosial Jl. Jend. Gatot Subroto No.4 Pinrang.

H. Mantong, mengatakan dalam upaya mewujudkan konsep pemberdayaan PMKS dalam rangka penurunan angka kemiskinan di Provinsi Sulawesi Selatan, terkait dengan adanya Peraturan Presiden No 15 tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, dan hadirnya Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2012 tentang penanggulangan kemiskinan di Provinsi Sulawesi Selatan, merupakan bukti komitmen Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk lebih mempertajam perencanaan dalam bentuk program dan kegiatan yang tepat sasaran, dan keterpaduan program, monitoring dan  evaluasi, efektifitas  anggaran, serta penguatan kelembagaan  dalam penanggulangan kemiskinan guna mengakselerasikan arah kebijakan tentang program – program di bidang kesejahteraan di Provinsi Sulawesi Selatan, dan diharapkan juga dapat diikuti oleh Pemerintah Kabupaten khususnya Pemerintah Kabupaten Pinrang.

Sementara itu Kepala Bagian Perlindungan Sosial Biro Bina Kesejahteraan Setda Prov. SulSel H. Amrullah Bakri, S. Ag , MH., melaporkan kegiatan ini merupakan salah satu alternatif program terhadap akselerasi peningkatan kesejahteraan masyarakat, yang mana diamanahkan dalam UU nomor 11 tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial yang dijabarkan bahwa kesejahteraan sosial adalah kondisi terpenuhinya kebutuhan material, spiritual dan sosial warga negara agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri sehingga dapat melaksanakan fungsi sosialnya.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, dan seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menyelesaikan permalasahan ini dalam bentuk berbagai intervensi kebijakan, program dan kegiatan, sehingga permasalahan – permasalahan bagi penyandang sosial diharapkan tidak menimbulkan efek terhadap masalah-masalah sosial lainnya. (/Nr).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *