You are here: Home

Lokakarya Penanggulangan Kemiskinan di Sulsel Featured

Published in Berita
Written by  30 March 2011
Rate this item
(0 votes)

Biro Kesejahteraan Sosial Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan Lokakarya Penyusunan Rancangan Perda tentang Penanggulangan Kemiskinan di Sulsel, Rabu (27/7). Kegiatan ini berlangsung di ruang data Kantor Gubernur Sulsel. Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 64 peserta dari seluruh kabupaten/kota di Sulsel. Hadir sebagai pembicara pada lokakarya ini adalah Kepala Biro Hukum dan HAM Provinsi Sulsel A Yusran dan akademisi Unhas Alwi Rachman.

Pembicara lainnya adalah Koordinator FIK Ornop Sulsel Khudri Arsyad dan praktisi hukum Mappinawang. Lokakarya ini dipandu Mulyadi Prajitno, Direktur YKPM Sulsel.

Kepala Biro Bina Kesejahteraan Sulsel Andi Murlina PA dalam pengantarnya menyampaikan bahwa untuk mendorong percepatan peningkatan kesejateraan rakyat maka perlu langkah-langkah secara terpadu dan terencana serta kesiapan dari segi regulasinya. Ini maksudkan agar penanggulangan kemiskinan dan percepatan peningkatan kesejahteraan warga masyarakat dapat terintegrasi dengan baik.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memeroleh informasi dan masukan konstruktif dari berbagai pihak dalam rangka penyusunan Ranperda Penanggulangan Kemiskinan.

Pernyataan Murlina itu berkesesuai dengan pemaparan Khudri. Dari pemantauannya di lapangan, selama ini kebijakan atau program penanggulangan kemiskinan cenderung parsial artinya masing-masing SKPD maupun daerah bergerak sendiri-sendiri. Tidak tersinergi dan terkoordinasi dengan baik.     

"Akibatnya tidak jarang kegiatan penanggulangan kemiskinan tersebut tumpang tindih dengan program lainnya. Ke depan harapan kita semua, kebijakan program penanggulangan kemiskinan tersinergikan, terjadi sinkronisasi, dan harmonisasi antara semua pihak, dari pusat sampai daerah, maupun antara SKPD dan pihak swasta," jelas Khudri.

Pada pertemuan ini peserta lokakarya sepakat mengusulkan adanya perbaikan data base dan studi marginalitas menjadi masukan yang penting dalam penyusunan Ranperda Penanggulangan Kemiskinan.

 

Mawardi
Aktivis NGO
Melaporkan dari Makassar

Sumber : Tribun Timur

Super User

Venenatis vitae, justo. Nullam dictum felis eu pede mollis pretium. Integer tincidunt. Cras dapibus. Vivamus elementum semper nisi. Aenean vulputate eleifend tellus. Aenean leo ligula

Website: www.joomshaper.com

Social Icons

Alamat Kantor

Jalan Urip Sumoharjo No. 269 Makassar

Gedung C Lantai III Kantor Gubernur Sulawesi Selatan

Telp. (0411) 453-543, Fax. (0411) 453-543