Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2017

Keberhasilan pembinaan dan pengembanganUsaha Kesehatan Sekolah / Madrasah (UKS) pada akhirnya akan terlihat atau tercermin pada perilaku hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik, dan ini merupakan dampak yang diharapkan dari keseluruhan pola pembinaan dan pengembangan UKS. Hal ini dikarenakan UKS merupakan wadah dan program untuk meningkatkan kemampuan hidup sehatĀ  dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin, yang dilakukan secara terpadu oleh 4 Kementerian terkait beserta seluruh jajarannya baik di pusat maupun di Daerah. Adapun landasannya, yaitu SKB 4 Menteri, yaitu Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Kesehatan, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri. Usaha membina, mengembangkan, dan meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik dilaksanakan melalui program pendidikan di sekolah/madrasah dengan berbagai kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikulernya, serta melalui usaha-usaha lain di luarsekolah/madrasah yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan masyarakat.

Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi telah dilaksanakan berdasarkan pemenang lomba sekolah sehat kabupaten, terdiri dari 8 (Delapan) Kabupaten dan 1 (satu) Kota terdiri dari Kota Pare-Pare, Kab. Pinrang, Kab. Luwu Utara, Kab. Luwu Timur, Kab. Soppeng. Kab. Sinjai. Kab. Bulukumba. Kab. Jeneponto dan Kab. Gowa. Dari hasil pengamatan tim penilai Provinsi terpilih Kabupaten Luwu Timur kategori SLTP dan SD dan Kabupaten Soppeng Kategori SLTA/MAN dan tingkat TK. Ke 2 (dua) Kabupaten tersebut mewakili Sulawesi Selatan di ajang Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional. Dari hasil penilaian yang dilakukan oleh tim provinsi juga dilakukan pembinaan terhadap kabupaten kota yang akan mengikuti Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi pada tahun 2018 yang terdiri dari Kota Palopo dan Kabupaten Bulukumba.

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh Tim Pembina Provinsi kesiapan Kabupaten Kota untuk mengikuti Lomba Sekolah Sehat (LSS) sangat antusias hal ini dibuktikan dengan semaraknya pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat ditingkat Kabupaten dan Kota. Dengan adanya Tulisan ini diharapkan dapat membantu Tim Pelaksana UKS Provinsi dalam melaksanakan program UKS di sekolah/madrasah. (/Awal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *