PENGEMBANGAN KAPASITAS BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL BAGI PMKS DAN KELOMPOK RENTAN LAIN DI SULSEL

Jeneponto, Biro Bina Kesejahteraan Setda Prov. SulSel memfasilitasi pelaksanaan kegiatan Pengembangan Kapasitas Berbasis Sumber Daya Lokal Bagi PMKS Dan Kelompok Rentan Lain Di Sulawesi Selatan yang sasarannya adalah bagi perencana pada SKPD pemangku kepentingan utama dan para pemerhati PMKS yang  ada di Kabupaten Jeneponto.

Wakil Bupati jeneponto H. Mulyadi Mustamu, SH membuka secara resmi acara tersebut mengatakan belajar dari pengalaman penanganan kemiskinan dewasa ini menunjukkan bahwa akar permasalahan terjadinya kemiskinan. oleh karena tidak adanya keterampilan yang mereka miliki.

“Itulah sebabnya Pengembangan Kapasitas Berbasis Sumber Daya Lokal yang diikuti oleh para Perencana dan Pemerhati PMKS menjadi sangat penting dan strategis mengingat kemiskinan yang ada di Kabupaten Jeneponto dapat diperangi dengan adanya keterampilan.” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Biro Bina Kesejahteraan Setda Prov. SulSel Dra. Hj. Kurnia, M.Si Menambahkan biaya yang dikeluarkan Pemerintah dalam Penyelenggaraan Pengentasan kemiskinan dan Perlindungan Sosial yang lain cukup besar setiap tahun, tapi kenyataanya kemiskinan dan masalah sosial yang lain juga masih tetap ada dan cukup besar,

“Dengan adanya Keterampilan para PMKS termasuk masyarakat miskin akan mampu mengolah Sumber daya yang ada disekitar mereka menjadi produk yang bernilai ekonomi tinggi dan kompetatif, mereka juga dapat menciptakan lapangan kerja baik mandiri maupun berkelompok dan akan mampu keluar dari deraan permasalahan yang dihadapi.” tambahnya.(/Nr).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *