Rapat Koordinasi Pengendalian Zoonosis Di Sulawesi Selatan

Makassar. Asisten Bidang Administrasi Sekretariat Daerah Provinsi Sulsel, Dr.H.Ruslan Abu,SH.MH, membuka acara secara resmi Rapat Koordinasi Pengendalian  Zoonosis Di Sulawesi Selatan pada hari Kamis – Jum’at tanggal 20 – 21  April 2017 di Makassar Golden Hotel dengan peserta. berjumlah 100 orang yang berasal dari Dinas Sosial Kab./Kota, Dinas Kesehatan Kab./Kota, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab / Kota, Bagian Kesra Kab./Kota, dan Anggota Komda Zoonosis Provinsi Sulawesi Selatan..

Ruslan Abu dalam sambutannya mengatakan Zonosis adalah jenis penyakit yang penularannya berasal dari hewan ke manusia atau sebaliknya, ancaman zoonosis dari luar yang patut diwaspadai antara lain Ebola, Mers-cov dan Emerging Infectious Diseases (EID) lainnya,

“Pada saat ini penyakit zoonosis di Sulawesi Selatan khususnya Antraks, Rabies, Brusellosis sudah dapat tertangani dengan baik, tetapi masih tetap diperlukan kewaspadaan serta koordinasi lintas sektor agar Sulawesi Selatan dapat benar-benar terbebas dari penyakit zoonosis ini.” pungkasnya.

Sementara itu Kabag Kesejahteraan, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak dan Keluarga Berencana Biro Kesejahteraan Setda Prov. Sulsel Andi Hasnul Hasanuddin,SH,M.Si melaporkan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan sinergitas dan koneksitas pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten/kota dalam pelaksanaan program dan kegiatan penanggulangan dan penanganan Zoonosis di Sulawesi Selatan serta memperkuat kapasitas sumber daya Komisi Daerah Pengendalian Zoonosis Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam melaksanakan antisipasi, deteksi dan respon terhadap zoonosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *