TEMU KOODINASI DAN PEMBINAAN PERLINDUNGAN SOSIAL DI SULSEL

Makassar, Biro Bina Kesejahteraan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan acara Temu Koordinasi dan Pembinaan Perlindungan Sosial Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Ruang Data Kantor Gubernur, Selasa 26 Mei 2015. Peserta yang hadir utusan dari Dinas Sosial Kab/Kota, Dinas Kesehatan Kab/Kota, Kabag Kesra Kab/Kota, Instansi/Lembaga SKPD terkait dan LSM.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Prov Sulsel, Dra. Hj. Kurnia, M.Si melaporkan tujuan dari Temu Koordinasi ini adalah untuk mensinkronisasikan program perlindungan sosial dari pusat sampai ke daerah, mendapatkan gambaran menyeluruh dari para pelaksana penyelenggara program kesejahteraan di Sulsel, serta gambaran rencana dan pelaksanaan program kesejahteraan sosial di daerah dan juga sektor terkait di tingkat Prov Sulsel, termasuk dari LSM.

Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. H. Mappagio, M.Si  dalam sambutannya menegaskan bahwa masalah kemiskinan menjadi deretan permasalahan sosial yang terus dan harus dijadikan prioritas utama bagi Pemprov Sulsel. Dunia usaha dan masyarakat diimbau untuk bersama-sama menyelesaikan permasalahan dalam berbagai intervensi kebijakan program dan kegiatan sehingga masalah kemiskinan tidak menimbulkan efek terhadap masalah-masalah sosial lainnya.

“Terkait dengan penyelenggaraan program kesejahteraan sosial bagi para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 11/2009 tentang Kesejahteraan Sosial dan Perpres Nomor 15/2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, maka Pemprov Sulsel dalam menyikapi hal tersebut telah menetapkan Perda No. 3 Tahun 2012 tentang Penanggulangan Kemiskinan dengan harapan dalam implementasinya benar-benar dapat menjawab permasalahan sosial yang ada di Sulsel,” terangnya.

“Sesuai dengan Inpres No 7 Tahun 2014, saat ini Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS), Program Indonesia Pintar (PIP), Program Indonesia Sehat (PIS) dan program lainnya seperti usaha mikro dan kecil sudah diterapkan di Sulsel,”lanjutnya.

“Temu koordinasi ini dinilai sangat strategis sebagai upaya menyatukan dan mensinergikan berbagai strategi program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah, swasta dan organisasi sosial masyarakat dalam melakukan pengentasan masalah-masalah sosial mulai dari pusat sampai ke daerah,”pungkasnya. (/Nr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *