Temu Koordinasi dan Monitoring Pelaksanaan BPJS di Sulawesi Selatan

Makassar, Acara Temu Koordinasi dan Monitoring Pelaksanaan Badan Pengelolan Jaminan Sosial (BPJS) di Sulawesi Selatan berlangsung di M. Boutique Hotel pada Hari Rabu-Kamis, Tanggal 1 s/d 2 Juni 2016 dengan tema “Mendorong Percepatan Integrasi Jamkesda ke JKN 2016”. Acara tersebut dibuka oleh Asisten IV Bidang Administrasi, Dr. Ruslan Abu, SH., MH.

Ruslan Abu dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya dan menyambut baik atas terselenggaranya acara tersebut dihadapan peserta.

Tujuan terselenggaranya acara ini, lanjut Ruslan Abu adalah sebagai sarana mempertemukan antara lembaga penyelenggara BPJS kesehatan dengan para pemangku kepentingan penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan baik dari Provinsi maupun kab/kota se-Sulsel yaitu menguatkan komitmen dalam menyukseskan dalam menyamakan pemahaman tentang Jaminan Kesehatan Semesta.

“Prinsip dasar Jaminan Kesehatan Semesta adalah semua warga Negara wajib menjadi peserta Jaminan Sosial Kesehatan dan wajib membayar iuran bagi orang miskin dan tidak mampu dibayarkan oleh pemerintah,” kata Ruslan.

Ada beberapa hal yang disampaikan pada pertemuan tersebut diantaranya sejauhmana jangkauan kepesertaan jaminan sosial kesehatan, permasalahan dan kendala, seberapa besar dalam manfaat pelayanan kesehatan yang dijamin dan jalan penyelesaian yang telah dilakukan.

Ia berharap kepada pemangku kepentingan utama dalam penyelenggaraan Jaminan Sosial khususnya kesehatan dapat menyampaikan informasi secara komprehensif berhubungan dengan kebijakan dan implementasi Jaminana Kesehatan menuju Jaminan Kesehatan Semesta. /Nr.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *