Workshop pengembangan strategi penanggulangan kemiskinan

Toraja Utara. Biro Bina Kesejahteraan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan acara workshop pengembangan strategi penanggulangan kemiskinan di ruang pola kantor Bupati Toraja Utara, selasa, 8 September 2015 yang dihadiri 90 peserta dari Dinas/Badan/Instansi terkait Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Toraja Utara.

Kepala Bidang Perlindungan Sosial Biro Kesra Setda Prov. Sulsel, Drs. H. M. Yusuf R, MM melaporkan bahwa maksud dilaksanakannya kegiatan ini untuk mengembangkan pemahaman yang sama dalam menyikapi dan mencari jalan keluar dari kondisi kemiskinan di Sulawesi Selatan yang bertujuan untuk memperkuat sinergitas penanggulangan kemiskinan dari pusat, provinsidan kab./kota yang dikoordinasikan dalam Tim penanggulangan kemiskinan termasuk di Kabupaten Toraja Utara.

Kepala Biro Bina kesejahteraan Setda Prov. SulSel, Dra. Hj. Kurnia, M.Si dalam sambutannya mengatakan yang perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak bahwa penduduk miskin yang ada sebagian besar masih didominasi pada daerah pedesaan yakni sebesar 13,25% pada bulan Maret 2014, sementara di perkotaan sebesar 5,22%. Walaupun posisi terakhir pada bulan September 2014 penduduk miskin di daerah pedesaan mengalami penurunan menjadi 12,25%, mikinan halnya di wilayah perkotaan menjadi 4,93%”terangnya.

Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Buntang Rombelayuk, S.Pd membuka acara tersebut mengatakan Kabupaten Toraja Utara telah menyusun Master Plan Penanggulangan Kemiskinan di tahun 2010 untuk menjadi pedoman di dalam pengambilan kebijakan, perencanaan dan pelaksanaan penanggulangan kemiskinan.

“Upaya koordinasi dalam penanggulangan kemiskinan membutuhkan langkah konkrit dari semua stakeholder mulai dari sinkronisasi data, perencanaan, kelembagaan, kebijakan serta penganggaran dengan pendekatan yang berorientasi pada keberpihakan kepada masyarakat miskin”. Imbuhnya.

Frederik mengakhiri sambutannya dengan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam hal ini Biro Bina Kesejahteraan Setda Prov. SulSel yang telah menginisiasi dan memfasilitasi acara workshop ini dengan harapan peningkatan strategi penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Toraja Utara ke depan, termasuk dalam rangka penyusunan RPMJD periode 2016 – 2021. (/Nr).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *